Proyek di Sekolah Dasar, Keuskupan Aachen

“Aku tidak pernah berpikir, bahwa…

atau dengan cara yang kurang lebih sama, anak-anak dari Sekolah Dasar di Aachen membuat suatu hasta karya untuk mengekspresikan diri ketika mereka mendengar tentang siapa Clara Fey dan bagaimana menyadari kehidupan para Suster dari Kanak-kanak Yesus yang Miskin di zaman ini.

Ada beberapa berita baru untuk Anda!

Misalnya

… bahwa sebuah biara tidak terlihat begitu kuno (seperti pikiran beberapa orang) dan para suster juga menggunakan perangkat elektronik modern!

… bahwa kami berdoa bersama beberapa kali dalam sehari pada waktu-waktu tertentu dan bahwa buku doa brevir memiliki lebih dari 1000 halaman. Ketika mereka mengetahui bahwa setiap hari hanya halaman-halaman tertentu yang didoakan dari buku tebal ini – dan bahkan ada tiga jilid buku – mereka menjadi lega seketika!

atau … bahwa jubah merupakan pakaian dinas, yang dalam pelayanan kami gunakan,

… bahwa tidak semua suster bisa bernyanyi dengan baik.

Benno Groten, Kepala Departemen Pendidikan dan Sekolah di Vikariat Keuskupan Agung dan Alois Mayer, Komisaris untuk wilayah kota Aachen, telah menghubungi kami ke Sekolah Dasar Katolik di Aachen. Di bawah bendera Institut Katekese, Sr. Petra PIJ menyajikan proyek “Clara Fey dan Para Suster dari Kanak-kanak Yesus yang Miskin” di sekolah-sekolah dasar. Sejauh ini, kami telah diterima di mana-mana dengan tangan terbuka dan para mahasiswa serta staf pengajar sangat tertarik dengan proyek kami – karena cara yang menyenangkan dan juga memberikan wawasan tentang realitas kehidupan religius.

Proyek bersama yang pertama adalah mengalami tentang kehidupan sehari-hari di sebuah biara. Setiap orang tertarik dengan rutinitas sehari-hari di biara, bagaimana para suster menghabiskan waktu luang mereka, apa arti jubah yang dikenakan, serta apa saja yang dikerjakan oleh para suster.

Supaya tidak hanya berbicara teori, anak-anak menulis sendiri beberapa baris mazmur. Untuk itulah, sebagai permulaan dipilih Mazmur 139 dalam bahasa yang mudah dipahami kemudian mereka melengkapi barisnya sebagai ucapan syukur kepada Tuhan. Pada saat berdoa, anak-anak mengucapkan terima kasih kepada Tuhan. Sungguh mengejutkan bagaimana anak-anak dengan terus terang mengutarakan isi hati mereka dalam doa-doa permohonan. Seorang anak laki-laki memberi tahu kami pada kunjungan kami yang kedua ke sekolah yang sama, bahwa dia mengatakan bahwa Mazmur adalah sebuah pujian bagi Tuhan! Perhatian yang mendalam semacam ini sangat mengesankan saya!

 

Tentu saja, proyek ini berkenaan juga tentang pendiri kami – suster pertama dari Kanak-kanak Yesus yang miskin.

Sekali lagi, berbagai kegiatan menuju ke perayaan beatifikasi Clara Fey membangkitkan minat lagi, karena karya yang telah dilakukan Clara Fey 200 tahun lalu masih terus dilanjutkan oleh para suster sampai saat ini.

Anak-anak dapat mengenal lebih dalam tentang Clara Fey saat membuat scrapbook. Dalam kelompok-kelompok kecil, mereka dapat mengajukan banyak pertanyaan yang berkenaan mengenai hidup Clara Fey.

Hasil karya mereka sangat mengesankan!

 

     

Sumber:
http://www.manete-in-me.org/seligsprechung/projekte/

Penterjemah:
Sr. Clara Crescentia, PIJ