Beatifikasi – 5 Mei 2018

Saksikanlah Misa Beatifikasi Clara Fey, 5 Mei 2018 di Aachen, Jerman melalui video ini (sumber: https://www.youtube.com/watch?v=cxTcNPr4GRQ)

 

Video singkat Misa Beatifikasi Clara Fey (sumber: https://www.youtube.com/watch?v=MvxjPwWcp8g)

 

Uskup Aachen, Dr. Helmut Dieser, bersama dengan Postulator Dr. Andrea Ambrosi, yang mengikuti proses beatifikasi di Roma dan di Keuskupan, sebagai wakil sebelum proses kepada Paus, Prefek Angelo Kardinal Amato, dan mengajukan proses beatifikasi “Hamba yang layak dari Tuhan, Clara Fey, perempuan muda dan pendiri Kongregasi, dalam daftar para kudus Gereja”.

Foto: Bistum Aachen / Andreas Steindl

 

Prefek Angelo Kardinal Amato membacakan surat Bapa Suci, Paus Fransiskus. The “Litterae Apostolicae” pertama kali dibaca dalam versi bahasa Latin, kemudian dalam terjemahan bahasa Jerman. Dengan membaca Surat Apostolik ini, Clara Fey dibeatifikasi.

“Beatifikasi Clara Fey adalah pengakuan Gereja yang pantas bagi seorang perempuan luar biasa yang unggul dalam berbuat baik melalui keberanian dan ketekunan karya kerasulannya.” Dengan kata-kata ini, Angelo Kardinal Amato SDB, sebagai wakil Paus memberi penghormatan kepada Clara Fey, yang berasal dari Aachen, pendiri Kongregasi para Suster dari Kanak-kanak Yesus yang Miskin (PIJ/ Pauperis Infantis Jesu) pada beatifikasi di Katedral Aachen.

“Pada masa pergolakan revolusi industri awal, masyarakat berorientasi sepenuhnya pada kemajuan material, tetapi sebaliknya, pahlawan perempuan ini menjadi pahlawan sejati dari Injil Kristus, ia semata-mata peduli untuk memperjuangkan martabat anak-anak muda yang miskin: melalui pendidikan dan perlindungan dari keadaan terlantar dan terabaikan. “

Foto: Bistum Aachen / Andreas Steindl

 

Relikui Clara Fey dibawa dalam prosesi mengelilingi Katedral Aachen dan ditempatkan di depan altar. Para suster, anak-anak, pelajar dan pemimpin sekolah-sekolah Clara Fey dan pusat-pusat penitipan anak, Uskup Helmut Dieser, dan para Uskup.
Foto: Bistum Aachen / Andreas Steindl

 

Umat menyatakan persetujuan dan rasa terima kasihnya (dalam lagu “Danket dem Herrn” – Terima kasih Tuhan). Sementara itu, lukisan Beata baru ini dibuka – pada saat yang sama di Katedral Aachen dan di portal utama katedral.
Foto: Aachen / Andreas Steindl

 

Uskup, didampingi oleh Postulator, mengucapkan terima kasih dari Paus. Ia menjadi wakilnya untuk beatifikasi Clara Fey. Helmut Dieser, Andrea Ambrosi dan Sr. Henriette Mensen salam damai dengan Kardinal Amato. Prefek menyerahkan masing-masing salinan Surat Apostolik.
Foto: Aachen / Andreas Steindl

 

Di antara tamu kehormatan, hadir Perdana Menteri-NRW Armin Laschet. Perayaan ini bukan hanya beatifikasi pertama di keuskupan Aachen, tetapi yang pertama di Nordrhein-Westfalen, Jerman.
Foto: Aachen / Andreas Steindl

Perayaan dilanjutkan di Münsterplatz (sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Ruaf6YeNyPs)

Sumber Foto: Keuskupan Aachen / Andreas Steindl