Lepas Keluarga TKK ST Semarang “Can Do It With God”

Dalam era globalisasi ini, apalagi dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih dan pesat, banyak sekali hal-hal yang terjadi pada kehidupan ini khususnya pada anak-anak. Bahkan pertanyaan yang akhir-akhir ini sangat merisaukan para pendidik dan orangtua yaitu:

Apa yang terjadi dengan nilai-nilai moral dan nilai-nilai karakter anak sekarang ini? Sadar atau tidak, agama tanpa moral bagaikan iman tanpa perbuatan. Agama tidak akan berpengaruh dalam hidup seseorang. Dan iman tanpa perbuatan sesungguhnya adalah mati.

Dalam mengembangkan nilai-nilai moral dan penanaman karakter pada anak khususnya anak usia dini, kami mengadakan kegiatan yang disebut kegiatan lepas keluarga. Pengertian lepas keluarga yaitu “lepas” artinya bebas, tanpa paksaan, tanpa ikatan; sedangkan “keluarga” artinya lingkungan terdekat anak yang mencintai, mengasihi, memelihara dan membesarkan serta mengasuh, seperti orang tua, nenek kakek, kakak adik, dsb.

Kegiatan ini di laksanakan Jum’at-Sabtu, 1-2 Maret 2019, di Goa Doa dan Rumah Retret Lembah Kemenangan Sola Fide, Desa Lerep Ungaran, diikuti 79 anak dan 12 pendamping. Tema Lepas Keluarga tahun ini adalah “Can Do It With God”. Anak-anak antusias dan bergembira dalam mengikuti setiap sesi yang disampaikan.

Anak dilatih untuk melepaskan kebiasaan-kebiasaan lama seperti, minum susu memakai dot, makan masih disuapi, dsb. Dengan kegiatan lepas keluarga ini,diharapkan anak dapat memulai sesuatu yang baru dalam hidupannya sebagai persiapan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu Sekolah Dasar.

Salah satu momen yang sangat menyentuh adalah ketika rekonsiliasi. Anak-anak mengenang betapa besarnya kasih sayang orangtua. Kemudian anak-anak memeluk dua pendamping sebagai simbol orangtua mereka. Selain itu anak-anak juga diajak untuk lebih mencintai lingkungan dengan  kegiatan outbond.

Semoga acara ini menumbuhkembangkan anak menjadi pribadi yang mandiri, memiliki kepekaan dan rasa solidaritas yang tinggi, berjiwa besar, punya kedisiplinan yang tinggi dan tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain. 

Can do it with God!

Bagi Aku