Persiapan

Di beberapa sudut kota Aachen, Jerman terlihat spanduk pertama kami untuk beatifikasi Clara Fey. Banyak yang akan hadir dalam perayaan penggelaran orang kudus ini pada tanggal 5 Mei 2018. Informasi lebih lanjut tentang beatifikasi Clara Fey: www.clara-fey.de

Spanduk baru di Dom membangkitkan semangat menyambut perayaan beatifikasi Clara Fey: Panggung dan stand akan berada segera dibangun di Aachener Münsterplatz. Beatifikasi Clara Fey pada hari Sabtu, 5 Mei 2018, akan menampilkan program penuh warna untuk Anda mulai pukul 12.30 CET. Dan sebelumnya, Anda dapat melihat siaran langsung dari Katedral di Katschhof pada pukul 10.00 CET. Kami berharap dapat berjumpa dengan Anda! www.clara-fey.de

 

RANGKAIAN ACARA DI HARI BEATIFIKASI

Pendiri Kongregasi para Suster dari Kanak-kanak Yesus yang Miskin (Pauperis Infantis Jesu – di Indonesia dikenal dengan “Suster PIJ” atau “Suster Sang Timur”), CLARA FEY akan dibeatifikasi di Aachen pada hari Sabtu, 5 Mei 2018. Perayaan akan dimulai pukul 10.00 di Katedral Aachen. Misa Kepausan dipimpin oleh Angelo Cardinal Amato SDB, Prefek Kongregasi untuk Penggelaran Orang Kudus. “Pada abad kesembilan belas awal revolusi industri, Clara Fey mengabdikan hidupnya untuk orang-orang yang paling lemah di masyarakat, khususnya anak-anak miskin. Karyanya merupakan tanda kemanusiaan yang nyata. Sampai hari ini, terdapat banyak pemudi yang bergabung dalam kongregasi ini yang digerakkan oleh semangatnya. Saya merasa senang dengan beatifikasinya. Hal ini berarti ada tiga murid – dari guru Aachen yang sama, Luise Hensel – telah dibeatifikasi: Franziska Schervier, Pauline von Mallinckrodt, dan Clara Fey,” kata Uskup Dr. Helmut Dieser. Pada hari tersebut, lebih dari seratus suster dan tamu undangan dari seluruh dunia akan berada di Aachen. Oleh karena itu, tempat untuk pontifikasi di Katedral Aachen disterilisasi. Tamu undangan akan duduk di bagian Oktogon dan paduan suara dari Katedral untuk merayakan Misa Kudus. Di bagian Hochmünster tersedia pula sekitar 150 tempat duduk. Setelah itu acara dilanjutkan di Aachen Katschhof.

Perayaan ini disiarkan live di website www.clara-fey.de, website Keuskupan Aachen, dan di akun facebook. Setelah perayaan beatifikasi, Katedral Aachen dibuka dari pukul 14.00-17.00. Kemudian relikwi Beata Clara Fey dihormati. Semua orang yang tertarik mengikuti perayaan syukur ini diundang ke Münsterplatz. Di sana disajikan beragam acara dan festival dari pukul 12.30 sampai 17.30. Perayaan ini ditutup dengan Vesper bersama Uskup Dr. Helmut Dieser pada pukul 18.00 di Katedral Aachen.

Pada hari Minggu tanggal 6 Mei 2018, relikwi Clara Fey akan dipindahkan ke Kapel Kanak-kanak Yesus. Setelah Misa Kepausan pukul 10.00 oleh Uskup Dr. Helmut Dieser di Katedral Aachen, perarakan dimulai sekitar pukul 11.30. Kira-kira tahun lalu, Paus Fransiskus memberi wewenang untuk melakukan proses penyelidikan orang kudus, Clara Fey. Clara Fey lahir pada tanggal 11 April 1815 di Aachen dan mendirikan Kongregasi PIJ pada tahun 1844 bersama ketiga sahabatnya. Semboyan hidupnya berakar dari sabda Yesus dalam Injil Yohanes “Manete in Me.” (Tinggallah di dalamKu). Clara Fey meninggal pada tanggal 8 Mei 1894 di Simpelveld (Belanda), yang sejak tahun 1878 secara resmi difungsikan sebagai rumah induk/ Generalat akibat Kulturkampf di Jerman. Pada tahun 2012, makam Clara Fey dipindahkan dari Simpelveld ke Aachen. Sejak saat itu, Generalat kembali lagi ke rumah induk sebelumnya di Jakobstraße. Karya kongregasi telah tersebar di berbagai belahan dunia, seperti Austria, Belgia, Kolombia, Jerman, Spanyol, Perancis, Inggris, Indonesia, Latvia, Luksemburg, Belanda, dan Peru. Pada saat ini, terdapat sekitar 450 Suster PIJ yang melanjutkan karya kerasulan Clara Fey bagi anak-anak dan kaum muda, misalnya di sekolah – mulai dari usia dini sampai usia dewasa. Juga dalam bidang katekese dan pastoral serta pendampingan keluarga, pendampingan bagi imigran, pekerja, dan tuna wisma, pelayanan kesehatan, dapur sosial, dan kegiatan lainnya, yang sebagian besar memerhatikan orang-orang miskin. Informasi lainnya tentang beatifikasi Clara Fey dapat dilihat di www.clarafey.de Untuk informasi lebih lanjut tentang Clara Fey dan Kongregasi Suster PIJ dapat dilihat di http://www. manete-in-me.org

Sumber: Anja Klingbeil-Bistum Aachen
Penerjemah: Sr. Clara Crescentia, PIJ

 

H-1

Saat perayaan beatifikasi Clara Fey akan diselenggarakan, di Jerman mengalami musim semi. Pada musim ini, tumbuh-tumbuhan mekar kembali. Oleh karena itu, musim semi juga disebut “musim bunga”.

Semoga beatifikasi Clara Fey menjadi “Musim Semi Baru”, yang menghiasi dunia dengan “warna baru” melalui kesaksian hidupnya, membawa kesejukan seperti embun, dan memberi kehangatan bagaikan sinar mentari yang menyinari dunia.

Musim semi yang indah.

 

PERSIAPAN DI KAPEL KANAK-KANAK YESUS SEBAGAI TEMPAT RELIKUI BEATA CLARA FEY

Pekerjaan terakhir Kapel Kanak-kanak Yesus di Jakobstraße yang dibangun kembali sebagai tempat meletakkan relikwi Clara Fey.

  

Sumber foto: Keuskupan Aachen / Andreas Steindl